Senin, 09 Juni 2008

Tahun 2008 Pelabuhan IV Merekrut 255 Pegawai


PELABUHAN IV MEREKRUT 255 PEGAWAI

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), akan menambah jumlah karyawannya sebanyak 255 orang. Penambahan itu untuk mengimbangi kebutuhan karyawan di sejumlah tempat yang ada di lingkungan kerja, sehubungan adanya karyawan yang pension, dan meningkatkan tugas di salah satu tempat.

Saat ini penerimaan pegawai baru memasuki tahap-tahap akhir. Setelah berlangsung psikotes, nantinya, masih akan dilakukan beberapa tes lagi. Jumlah pegawai akan diterima berasal dari jenjang tingkat Diploma sampai Strata Satu.

Jumlah tersebut hanya 10 persen dari jumlah pendaftar 3000 orang yang akan diterima.

“Peminat masuk sebenarnya cukup tinggi, sehingga seleksi dilakukan secara ketat, sehingga yang berhasil lulus tes, merupakan hasil yang terbaik,” kata Direktur Personalia dan Umum A. Edy Hidayat N.

Dalam penyeleksian calon karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV bekerjasama dengan independen yang berada di Makassar, mulai dari pendaftaran, seleksi adminitrasi sampai pada pelaksanaan tes.

“Dalam waktu dekat hasil psikotes sudah bisa diketahui,” kata Edy Hidayat tanpa menyebutkan waktu pengumumannya.

Setelah pengumuman psikotes, tambah Edy Hidayat, masih berlanjut ke tahapan tes wawancara dan tes kesehatan. Pegawai yang dibutuhkan meliputi bidang ekonomi, akuntansi, komputer, dan tata laksana yang pendidikannya diatas SLTA.

Dijelaskan juga, proses seleksi lebih pada pengkhususan bidangnya, “misalkan mereka lulusan hukum maka tesnya masalah hukum juga,” katanya.

Perekrutrannya dilakukan di beberapa Cabang Pelabuhan IV kawasannya luas, jadi pihak manajemen tidak bisa melakukan perekrutan terpusat di Makassar. Hal itu untuk menepis adanya anggapan bahwa yang mengikuti tes hanya di Makassar sekitarnya.

“Karena itu kami inginkan dari semua daerah di timur Indonesia bisa bekerja di Pelabuhan,” jelasnya.

“Contoh kalau ada peserta dari Pelabuhan Nunukan, mereka diserahkan mendaftar di Pelabuhan Tarakan untuk dites, jadi kami menunjuk salah satu cabang pelabuhan untuk mencover di sekitarnya,” tambahnya.

Untuk bidang kepelabuhanan dibutuhkan sebanyak 24 orang, 19 diantaranya, pihak Pelabuhan IV langsung meminta Politeknik Ilmu Pelayaran untuk dipekerjakan sebagai pegawai di Pelabuhan IV.

“Rencananya ke 255 orang yang bakal direkrut oleh managemen, akan ditempatkan diseluruh cabang PT Pelabuhan IV,” jelasnya.
(By : Datin Pelindo Nnk)

Tidak ada komentar: