Rabu, 11 Juni 2008

Laba Rp 200 Miliar


PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)
Targetkan Laba Rp.200 Miliar


Pertumbuhan kinerja usaha BUMN ini menunjukkan frekuensi pendapatan yang cukup signifikan. Terbukti, laba perusahaan sebelum pajak pada tahun 2007 mencapai Rp. 152 Miliar.

Perolehan laba sebesar itu bisa dibanggakan, karena menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya.
“Perolehan laba itu meningkat jika disbanding dengan tahun 2006 yang sebesar Rp. 206 Miliar. Jadi perolehan pendapatan dan laba masing-masing naik sekitar 18,33%,” kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV DJarwo Surjanto, pada pembukaan Diklat Teknis Bidang Operasional tingkat Dasar Angkatan II belum lama ini di Makassar.
Lebih jauh diungkapkan, pencapaian kinerja perusahaan merupakan kontribusi dan kerja keras manajemen yang mengupayakan peningkatan produktivitas perusahaan secara menyeluruh.

“PT Pelabuhan Indonesia IV pada tahun 2007 sampai 2011 dicanangkan sebagai masa pengembangan dan pertumbuhan. Karena itu perlunya membangun tekad dan kerja keras untuk menjadikan perusahaan ini semakin besar, semakin sehat dan baik, “kuncinya adalah semangat, kebersamaan, kerja keras yang terarah dan kejujuran,” paparnya.

Sebelum tahun 2002 sampai 2006 disebutkan sebagai masa konsolidasi dan stabilisasi. Pada masa itu hasil yang patut dicatat bagi BUMN ini yaitu memprakasai individual port tariff, yang berjalan mulus dan menjadi contoh bagi pelabuhan lain.
Kemudian meyakinkan pemakai jasa untuk pemanfaatan Terminal Petikemas Makassar, dari pangsa sekitar 20% hingga mencapai pangsa 100%. Perusahaan juga berhasil menyelesaikan hutang dengan mengangsur kepada Islamic Development Bank sebesar Rp. 50 Miliar pertahun hingga lunas.
Beberapa diantaranya menambah dan meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan memberikan tunjangan cuti dan hari raya yang rata-rata 100%, “ pada periode ini Pelindo IV telah mencapai hasil yang cukup memuaskan,” tandasnya.

Terkait rancangan Undang-Undang Pelayaran Nomor 21 tahun 1992, sempat dijelaskan bahwa dengan Undang-Undang tersebut menandakan masuknya era liberalrisasi. Bisnis kepelabuhanan akan berubah. Pesaing dipastikan bakal banyak, sebab kesempatan untuk mengelola pelabuhan terbuka luas, baik itu BUMN, BUMD, Swasta bahkan Koperasi akan ikut bersaing. Oleh karena itu menghadapi era liberalrisasi Pelabuhan IV akan terus meningkatkan sumber daya manusianya, “ Ada tiga syarat utama kualifikasi sumber daya manusia yang perlu dimiliki untuk meraih target menghadapi era liberalrisasi itu”, kata beliau.
Ke tiga syarat itu adalah :
1. Kompeten dan mempunyai keahlian di bidang tugasnya
2. Memiliki kemampuan manajerial untuk memanfaatkan sumber daya perusahaan secara efisien dan efektif
3. Memiliki moral, akhlak yang baik, jujur, kerja keras dan motivasi serta dapat menciptakan inovasi baru bagi perusahaan.
“ Kami melakukan diklat untuk mencapai hal tersebut diatas,” ujar beliau.

Target Laba Naik
Sementara itu Direktur Keuangan Mulyono, menyebutkan PT Pelabuhan Indonesia IV memasang target laba sebesar Rp. 200 Miliar.
“ Target sebesar itu, berdasarkan pada tariff-tarif yang sudah berjalan, tanpa adanya kenaikan tarif. Sumbernya bisa dari peningkatan usaha lain. Tetapi jika terjadi kenaikan tariff, maka target laba bisa lebih besar lagi pencapaiannya, “ harap Mulyono.

Dikatakan juga, sumber pendapatan didominasi dari pelayanan kapal sekitar 31% dan petikemas 26% bersumber dari pelayanan usaha lainnya.

Berdasarkan data, tahun 2007 PT Pelabuhan Indonesia IV mencatat pendapatan sebelum audit sebesar Rp. 540,9 Miliar, atau mencapai 122,80% dari target RKAP, sehingga atau meningkat 124,16% dari pendapatan tahun sebelumnya (2006). Pencapaian pendapatan tersebut, sangat baik, karena biaya operasional Rp. 389,1 Miliar sehingga laba dapat diraih sebelum pajak sebesar Rp. 151,9 Miliar atau terealisir 132% diatas target RKAP atau 147,6% diatas laba tahun sebelumnya (2006).
(By:Datin Pelindo Nunukan)

Tidak ada komentar: